Jumat, 14 Maret 2008

instalasi windows 98

1) Instalasi Menggunakan CD Windows 98 yang bootable

- Asumsi anda sudah mensetting BIOS seperti cara yg sudah saya jelaskan di atas yaitu booting diarahkan melalui CDROM, dan anda juga sudah memiliki sebuah CD Windows 98 yang bootable. Bootable artinya CD tsb dapat langsung digunakan untuk proses booting (startup) dan langsung menjalankan proses SETUP Windows 98. Saya sarankan anda memilih cara ini karena menurut saya cara ini lebih simple untuk dipahami (apabila anda kurang memahami sistem DOS cara ini lebih disarankan).

- Masukkan CD Windows tsb ke dalam drive CDROM lalu jalankan komputer anda - atau restart komputer anda.

- Proses booting akan berjalan, dan SETUP Windows 98 pun akan dieksekusi langsung dari CD tersebut.

- Apabila ada permintaan untuk menjalankan SCANDISK, lakukan saja hingga prosesnya selesai.

- Anda akan dihadapkan pada jendela Welcome To Windows 98 SETUP.

Sampai disini anda dapat melanjutkan proses instalasi tersebut dengan sangat mudah, yaitu hanya dengan mengklik tombol NEXT, NEXT, dan NEXT hingga proses instalasi dimulai (dapat dilihat dari progress bar).

Setelah proses setup tahap pertama selesai, komputer akan direstart. Jangan lupa untuk kembali masuk ke BIOS SETUP dan merubah "boot sequence" menjadi HDD atau C: atau HARDDISK, atau yang sejenisnya, supaya proses booting langsung melanjutkan instalasi dari harddisk.

Jika diminta CD KEY atau SERIAL NUMBER, masukkan deretan kode (biasanya terdiri dari angka dan huruf) yang ada di sampul kemasan CD Windows 98 yang anda beli.

Proses instalasi windows 98 pada komputer modern (pentium 4) memakan waktu tidak lebih dari 15 menit, dan butuh waktu sekitar 30 menitan pada sistem lama seperti pentium 2 atau MMX.

Tidak ada komentar:

Template by:
Free Blog Templates